PROSES PEMBUATAN STYRENE MONOMER

Styrene adalah komponen arometic paling sederhana dengan sebuahrantai sisi tidak jenuh. Styrene monomer murni memeliki bau yang enak. Bau yang tajam menusuk disebabkan oleh adanya aldehid yang terbantuk karena kontak dengan udara. Nama lain dari styrene antara lain : Phenil etilene, vinil benzene, styron, styrolene, dan cinnanmene. Styrene ditemui sebagai impurities atau bahan samping pada beberapa proses. Styrene terbentuk dari hasil decomposisi pirogenic komponen organic. Dari pemecahan petroleum, dari pembuatan atau pengolahan gas alam dan ter batubara. Dan dari minyak yang dikondensasi dari carburetted water gas. Bagaimanapun, kemurnian dari beberapa produk itu kecil dan industri modernlebih memilih untuk menghasilkan styrene secara sintesis. Penelitian klasik Berthelot tentang pirolisa telah menjadi cara teknikal yang sangat berarti untuk memproduksi styrene sintesis secara komersil sekarang ini. Dia menunjukan, pada tahun 1851, bahwa hidro karbon tertentu yang dilewatkan melalui tube yang panas menyala memberikan styrene dan indene. Sintesis styrenenya pada tahun 1867 dengan melewatkan campuran benzene dan etilen melalui tube yang panas menyala, dan dehidrogenasi berikutnya dari etibenzenenya pada tahun 1969 dengan pirolisa untuk membentuk styrene sebagai produk penting.

Ethylbenzene adalah larutan organic tidak berwarna dengan rasa yang manis dan bau seperti gasolin. Ethylbenzene paling banyak digunakan untuk membuat styrene ; larutan organic yang digunakan sebagai bahan baku plastik. Ethylbenzene juga digunakan sebagai pelarut untuk pelapis ( cat ), pembuatan karet, plstik pembungkus, dan juga sebagai bahan aditif atau zat tambahan yang penting untuk gasolin

.  Proses Oksidasi Ethylbenzene

Proses oksidasi ethylbenzene menghasilkan dua produk, yaitu styrene dan acetophenone. Pada proses ini pertama – pertama ethylbenzene dioksidasi menjadi acetophone pada suhu 115 – 1450C dan tekanan 50 Psig dengan menggunakan katalis mangan asetat, dimana reaksi yang terjadi adalah: 

C6H5 C2H5 +  O2 C6H5COCH3 + H2O

 

Setelah mengalami proses oksidasi, kemudian diikuti dengan reduksi dari acetophone menjadi α – pheniletil  alcohol dengan menmbahkan gas hydrogen serta menggunakan katalis copper-chrome-iron pada temperature 1500C dan tekanan 50 Psig, reaksi yang terjadi:

 

C6H5COCH3 C6H5CH ( OH ) CH3

Proses selanjutnya dengan proses dehidrasi dari alcohol menjadi styrene dengan menggunakan katalis titania pada suhu 2500C, reaksi yang terjadi adalah :

C6H5CH ( OH ) CH3 C6H5CH=CH2 +  H2O

2. Proses Dehydrogenasi Ethylbenzene

Dehidrogenasi ethylbenzene adalah reaksi endotermik, artinya reaksi yang membutuhkan panas agar reaksi dapat terjadi. Reaksi didalam reactor adalah sebagai berikut ;

 

C6H5 C2H5 ↔  C6H5CH=CH2 +  H2

C6H5 C2H5 +  H2 ↔  C6H5CH3 +  CH4

Berhubung reaksi yang terjadi didalam reactor adalah reaksi endotermik maka yang diperlukan sumber panas berupa steam superheated. Proses dehydrogenesi memakai katalis tipe shell 105, yang merupakan campuran dari senyawa :

 

Ø      Fe2O3

Ø      Cr2O3

Ø      K2CO3

 

Katalis berbentuk pellet dengan diameter 3/16 in atau 1/8 in. Fe2O3 merupakan katalis untuk reaksi dehydrogenesi ethylbenzene menjadi styrene. K2CO3 merupakan katalis untuk reaksi penghilangan unsure carbon, Tar, cokes dari permukaan katalis. Sedangkan Cr2O3 fungsinya untuk memeperpanjang umur katalis. Proses dehydrogenesi menggunakan suhu antara 800 – 9500 K, tekanan antara 2,38 – 3 atm.

About these ads

About nunulasa
Idealis yang realistis, Selalu Optimis dan Mudah Beradaptasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: