refactory castables

Di dalam kekerabatan monolithic refectories, refactory castables terdiri dari suatu kelompok besar dimana bahan-bahanya telah di tingkatkan dan di kembangkan secara signifikan selama 30 tahun. Perkembangannya bermula dari percampuran sederhana, refactory castable  pada saat ini terdiri dari beberapa rumusan teknis yang sangat kompleks, penemuannya digunakan bervariasi terhadap banyaknya permintaan dan di terapkan dalam system industri yang berat. Pada masa kini refactory castables telah menjangkau pasar dan, sebagai contohnya, telah di sediakan brick dan pembentukan refactory, di berbagai penerapannya, pemilihan refectories di sebabkan adanya peningktan tampilan dan pengurangan pada instalasinya.

Refactory castables adalah pencampuran yang menggabungkan refactory grain, komponen matrix, dan admixture. Sebagian besar dari castables di sediakan sebagai pengikat, pemadukan dari percampuran melalui beberapa formula yang sangat sederhana dimana percampuran tersebut digunakan pada suhu yang rendah dan penggunanya noncritcal. Inti dari instalasinya, castables di campurkan dengan liquid (sejenis air) dan di getarkan, di alirkan, di pompa atau dengan menyalurkan angin ke suatu tempat untuk pembentukan refactory atau strukturtnya telah mengeras karena hydraulic atau proses kimia (1). Pada umumnya refactory castables menggunakan , calcium aluminate cement sebagai bonding agent dimana beberapa tahun terakhir ini system bonding lainnya telah di kerjakan. Umumnya semua castable di gunakan pada sejumlah refactory dan komponen matriknya memungkinkan penyediaan refactory untuk di gunakan dalam pengaturan suhu diatas 1850oC.

Adapun kelas lainnya dalam monolithic refectories di sebut refactory gunning atau percampurannya gunite mirip dengan formula atau rumusan untuk sebuah refactory castable, pada umumnya pemanfaatannya serupa dengan tipe bonding agents. Faktanya, di beberapa contoh, refactory castables dapat di dry gunned. Dalam proses dry gunning, formula percampuran pengeringan biasanya tapi tidak selalu dengan mengurangi sebelumya sedikit air untuk mengurangi dusting dan cement/bond hydration. Pengurangan percampuran ini di bebankan pada mesin gunite dan di alirkan melalui sebuah pipa dengan tekanan angina. kesimpulannya, pipa tersebut merupakan suatu alat dimana air di campur di atas udara/refactory steam dan hasilnya campyran gunned di atas vessels shell atau garis lapisan yang ada. Sementara itu, banyaknya pemeriksaan property dan hydration dan pengaturan perlengkapan bahan refactory gunning adalah mirip dengan refactory castable, tujuan percampuran refactory gunning pada bab pembahasan ini akan di pertimbangkan ke dalam kelas monolithic refactory secara jelas dan bukan di tujukan secara spesifk.

 

II. Tipe Refactory Castables

Sejak refactory castables di perluas dan di kelopmokkan pada bahan-bahan yang berbeda, hal ini dapat di klisifikasikan ke dalam beberapa cara atau dengan mengkombinasikan karakternya. Bagian utama catables iniberdasarkan pada ilmu kimia. Bagian ini di pisahkan dari refactory castables berdasarkan alumina. Jumlah alumina-silicate dari castables berdasarkan refactory oxides seperti magnet dan dolomite. Bagian ini di bangun dengan system bonding yang berbeda dan di gunakan dalam setiap kategori. Tambahan, jangkauan penerapan pada produk dasar castables lebih terbatas di bandingkan dengan alumina dan alumino silicate pada castables. Pada umumnya produk utama castables di gunakan di wilayah dimana kondisi ampas dasar yang ada seperti di berbagai jenis baja, tembaga dan proses timah vessels. Penjualan tonasi pada dasar castable juga lebih kecil, prhitungannya kurang lebih 20% dari seluruh refactory castables yang di hasilkan (2).

Alumina dan alumino silicate refactory castables lebih jauh di klasifikasikan dalam berbagai cara. Lembaga pengujian dan bahan di amerika (ASTM) mengklasifikasikan alumina dan alumino silicate refactory castables secara sederhana dan mengelompokan secara umum (3) yang berguna sebagai panduan pertama. Kenyataannya refactory castables di bedakan atau di kelompokan dengan sebuah perlengkapan kombinasi yang di sebutkan di dalam table I

About nunulasa
Idealis yang realistis, Selalu Optimis dan Mudah Beradaptasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: